ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK MELATI HUSADA MALANG

RACHMAWATI, YUNI (2007) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK MELATI HUSADA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
i.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Keywords: Rumah Sakit, Indeks Kepuasan Peanggan, tangible, responsineess, assurance, empathy Rumah sakit Ibu dan Anak Melati Husada Malang merupakan salah satu Rumah Sakit yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan guna membantu proses kelahiran bagi ibu-ibu yang hendak melahirkan. Dalam menghadapi persaingan diantara rumah sakit bersalin di Malang, RSIA Melati Husada menciptakan suasana rumah sakit yang beda dengan pesaingnnya yaitu Tata ruang rumah sakit yang didesain unik yang menggunakan perabot antik sehingga memberikan kesan berada dirumah sendiri, selain itu RSIA Melati Husada merupakan salah satu RSIA yang melayani ASKES bagi karyawati negeri ataupun swasta sehingga meberikan kemudahan dalam pembayaran biaya persalinan. “Analisis Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Ibu dan Anak Melati Husada Malang”. Tujuan Penelitian, adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan (service quality) Rumah Sakit Ibu dan Anak Melati Husada Malang menurut pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat peroleh hasil Konsumen atau pasien yang melakukan perawatan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Melati Husada Malang merasa cukup puas terhadap pelayanan Rumah Sakit Ibu dan Anak Melati Husada Malang selama ini. Hal ini bisa dibuktikan dari kinerja analisis Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) rata-rata nilai kinerja dari pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Ibu dan Anak Melati Husada Malang adalah 1,0756 atau 107,56% yang menunjukkan konsumen cukup puas. Hal tersebut terjadi karena kepentingan (harapan) yang diinginkan pasien telah terpenuhi dari kinerja pelayanan yang diberikan karyawan Rumah Sakit Ibu dan Anak Melati Husada Malang. Berdasarkan Diagram Kartesius, diketahui bahwa Kuadran A memiliki prioritas utama untuk dipertahankan oleh pihak Rumah Sakit Melati Husada Malang dalam hal pelayanan pada Rumah Sakit Melati Husada Malang, adalah = variabel bukti fisik. Kuadran B, menunjukkan variabel pelayanan dianggap oleh pasien telah dilaksanakan oleh pihak Rumah Sakit Melati Husada Malang dengan baik, sehingga perlu untuk dipertahankan yaitu Variabel daya tanggap, Variabel kehandalan. Variabel yang termasuk pada kuadran C merupakan prioritas rendah adalah Variabel empati. Pada hasil analisis penelitian, diketahui variabel yang masuk dalam Kuadran D merupakan kinerja rumah sakit yang berlebihan adalah Variabel jaminan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 28 Jun 2012 08:11
Last Modified: 28 Jun 2012 08:11
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10133

Actions (login required)

View Item View Item