APLIKASI FUZZY ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS UNTUK PENENTUAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PROSES PRODUKSI (Studi Kasus Pada CV. Oelong Sumberejo-Bojonegoro)

PRATIWI, INDAH (2007) APLIKASI FUZZY ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS UNTUK PENENTUAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PROSES PRODUKSI (Studi Kasus Pada CV. Oelong Sumberejo-Bojonegoro). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
APLIKASI_FUZZY_ANALITYCAL_HIERARCHY_PROCESSUNTUK_PENENTUAN_FAKTOR.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang kerap dihadapi CV. OELOENG Sumberejo, Bojonegoro yang bergerak dalam bidang produksi rokok, adalah kurang tepatnya pengambilan keputusan dalam optimalisasi proses produksi sehingga menghambat jalannya proses produksi itu sendiri. Secara teori, menganalisa secara sistematis pendapat subyektif dari upaya pengoptimalisasian proses produksi dengan menerapkan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process, guna optimalisasi proses produksi dengan berbagai pemunculan kriteria yang terasa penting / dipentingkan. Sehingga muncul alternatif, seperti penambahan mesin pendukung yang efisien, penambahan tenaga kerja terlatih / terampil, dan peningkatan kualitas produksi, yang kesemuanya itu merupakan usulan pemecahanmasalah yang terjadi. Selanjutnya diperoleh ranking dan bobot prioritas, serta mendapatkan hasil pengambilan keputusan yang efisien. Hasil penentuan ranking dan bobot dengan menggunakan Fuzzy Analytical Hierarchy Process diperoleh bobot dimana sub kriteria ketersediaan bahan baku memiliki bobot tertinggi yaitu 0,185. Dan alternatif yang dipilih untuk optimalisasi proses produksi adalah penambahan tenaga kerja terlatih dengan meningkatkan kualitas dari tenaga kerja itu sendiri bukan kuantitasnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 28 Jun 2012 07:56
Last Modified: 28 Jun 2012 07:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10132

Actions (login required)

View Item View Item