MOTIVASI BELAJAR ANAK JALANAN (Studi Kasus pada Anak Jalanan yang Bersekolah di SDN Oro – Oro Dowo Malang)

RAHMA YANUARTI, ANITA (2007) MOTIVASI BELAJAR ANAK JALANAN (Studi Kasus pada Anak Jalanan yang Bersekolah di SDN Oro – Oro Dowo Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
MOTIVASI_BELAJAR_ANAK_JALANAN.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Menjadi anak jalanan memang bukan merupakan pilihan yang menyenangkan, karena mereka dalam kondisi masa depan yang tidak jelas serta keberadaan mereka menjadi masalah bagi banyak pihak. Padahal mereka adalah manusia ciptaan Tuhan yang mempunyai kedudukan sama dengan kita, hanya nasib yang menggariskan lain dari kita. Perhatian terhadap anak jalanan saat ini belum begitu besar dan juga belum menemukan titik terang untuk mengatasinya. Melihat jumlah anak jalanan yang sangat besar, ini menunjukkan bahwa kondisi masa depan anak-anak di Indonesia sangat mengkhawatirkan. Secara tidak langsung anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia di masa depan, tentunya dengan mempunyai kualitas hidup dan SDM (Sumber Daya Manusia) yang baik. Keluarga merupakan pusat pendidikan, pembinaan dan pemberdayaan pertama yang memungkinkan anak-anak itu tumbuh dan berkembang dengan baik. Anak jalanan mempunyai orang tua yang juga hidup disekitarnya. Keluarganya termasuk keluarga yang kurang mampu sehingga anak-anaknya mempunyai keinginan untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Dalam penelitian ini permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Faktor apa saja yang memotivasi anak jalanan bersekolah? (2) Bagaimana kondisi ekonomi keluarga anak jalanan yang bersekolah? (3) Bagaimana respon sekolah terhadap keberadaan anak jalanan yang bersekolah?. Sedangkan tujuannya adalah : (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang memotivasi anak jalanan bersekolah. (2) Untuk mengetahui bagaimana kondisi ekonomi keluarga anak jalanan yang bersekolah. (3) Untuk mengetahui bagaimana respon sekolah terhadap keberadaan anak jalanan yang bersekolah. Ruang lingkup dalam penelitian ini dilakukan pada anak jalanan yang bersekolah di SDN Oro-Oro Dowo, yang dibatasi pada motivasi belajar anak jalanan yang kembali bersekolah terutama pada faktor-faktor yang memotivasi anak jalanan yang bersekolah. Penelitian ini dilakukan di SDN Oro-Oro Dowo Jln. Brigjen Slamet Riadi Gg. 8 Malang dengan alas an sudah mengetahui anak jalanan yang akan diteliti bersekolah di tempat tersebut dan lokasi tersebut memudahkan peneliti untuk mencari data-data yang dibutuhkan. Sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan cara pendekatan deskriptif kualitatif yang menafsirkan serta menggambarkan keadaan sesuai dengan kenyataan yang sudah diperoleh. Dengan menggunakan pendekatan tersebut diharapkan peneliti dapat mendeskripsikan kenyataan dan kejadian sebenar-benarnya tentang hal-hal yang sudah diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan selanjutnya dapat disimpulkan bahwa: (1) Faktor yang memotivasi anak jalanan bersekolah adalah: karena adanya kesadaran dari keluarga yang tidak ingin membiarkan anaknya berada di jalanan, adanya dorongan keluarga untuk bersekolah serta adanya pengaruh dari teman-teman yang bersekolah tentunya mereka ingin punya pendidikan yang sama dengan teman-temannya. Faktor yang paling utama adalah kesadaran diri dari anak jalanan yang ingin selalu bersekolah supaya pintar dan dapat mencapai cita-citanya. (2) Bahwa kondisi ekonomi keluarga anak jalanan yang bersekolah adalah memang sangat berpengaruh terhadap mereka yang memang dari keluarga yang tidak mampu dengan kembalinya anak untuk bersekolah tentunya pendapatan akan berkurang, namun bagi mereka yang mempunyai penghasilan lebih dan anak tersebut kembali bersekolah pasti tidak ada pengaruhnya. Karena memang anak tersebut pergi ke jalanan adalah atas dasar ingin bebas dari orang tua dan ingin memiliki uang sendiri. (3) Respon sekolah terhadap keberadaan anak jalanan yang bersekolah adalah mempunyai peranan yang sangat besar, karena dari pihak sekolahlah yang mampu mengangkat anak-anaknya untuk tidak lagi menjadi anak jalanan dan ikut mendukung untuk kembali bersekolah dengan memberikan wawasan yang lebih luas tentang pentingnya bersekolah untuk masa depannya nanti, tidak membeda-bedakan antara anak jalanan dengan anak biasa semua dianggap sama untuk bersekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 28 Jun 2012 07:28
Last Modified: 28 Jun 2012 07:28
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10112

Actions (login required)

View Item View Item