REALITA SOSIAL HAK-HAK ANAK PENGUNGSI BENCANA LUMPUR LAPINDO BERLOKASI DI PASAR BARU, PORONG SIDOARJO (Studi Kasus Deskriptif Penyelenggaraan Perlindungan Anak di bidang Kesehatan dan bidang Perlindungan Khusus)

PRANA LAGAWIRA, OCKTA (2007) REALITA SOSIAL HAK-HAK ANAK PENGUNGSI BENCANA LUMPUR LAPINDO BERLOKASI DI PASAR BARU, PORONG SIDOARJO (Studi Kasus Deskriptif Penyelenggaraan Perlindungan Anak di bidang Kesehatan dan bidang Perlindungan Khusus). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
REALITA_SOSIAL_HAK.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Fenomena munculnya pengungsi dalam kategori masih anak-anak tidak bisa kita hindari dari suatu bencana, mereka masuk dalam satu konsep keluarga yang di mana jika orangtua mereka terkena bencana secara otomatis mereka juga merasakan. Penyelenggaraan pemenuhan hak anak pada pengungsi anak bencana Lumpur Lapindo merupakan kewajiban harus di lakukan oleh pihak-pihak terkait guna eksistensi kehidupan anak-anak pengungsi tersebut kedepannya. Secara garis besar fokus dari pembahasan penyelenggaraan pemenuhan hak ini yakni pemenuhan hak anak di bidang kesehatan dan perlindungan khusus. Dari dampak yang ditimbulkan inilah peneliti tertarik untuk mengangkat judul “REALITA SOSIAL HAK-HAK ANAK PENGUNGSI BENCANA LUMPUR LAPINDO BERLOKASI DI PASAR BARU, PORONG SIDOARJO ( Studi Kasus Deskriptif Penyelenggaraan Anak di Bidang Kesehatan dan Perlindungan Khusus) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan pemenuhan perlindungan hak anak-anak pengungsi korban Lumpur Lapindo. Jenis penelitian yang digunakan adalah diskriptif dengan pendekatan kualitatif serta tipe penelitiannya adalah studi kasus. Untuk penarikan sampelnya peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan perlindungan anak sekaligus pemenuhan hak-hak terhadap anak-anak pengungsi memiliki banyak dinamika permasalahan. Permasalahan yang di timbulkan di antaranya adanya pelanggaran Hak hidup oleh pihak Lapindo karena telah membuat efek bahaya bagi nyawa anak, dan juga kenyamanan dan rasa aman anak pengungsi di lokasi asal mereka. Di bidang kesehatan tidak terlalu di perhatikannya kualitas gizi dan juga penyamarataan perolehan makanan dan juga penggunaan fasilitas MCK. Kurangnya fasilitas bermain dan juga kurang keberfungsiannya akses yang telah ada semisal kamp kesehatan dan sarana pendidikan yang telah ada Untuk mengatasi problematika anak-anak pengungsi guna terpenuhinya rasa nyaman dan keinginan dan naluri bermain, pihak-pihak yang bersangkutan dalam hal pemenuhan hak anak bisa menjadikan konsep tersebut untuk di aplikasikan dengan hal ynag bisa membantu para pengungsi anak tersebut. Permasalahan yang menyangkut pelanggaran akan Hak Hidup dan Hak Ekosob harus segera diselesaikan dengan jalan komunikasi yang baik dengan pihak Lapindo di bantu LSM-LSM yang ada guna Pemenuhan akan Hak anak pasca terjadi bencana dan waktu di relokasi ke pengungsian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 28 Jun 2012 05:11
Last Modified: 28 Jun 2012 05:11
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10094

Actions (login required)

View Item View Item