PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS IV SDN LANDUNGSARI 01 DAU MALANG

RAHMAWATI, ROSITA (2007) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS IV SDN LANDUNGSARI 01 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_PEMBELAJARAN_BERBASIS_MASALAH.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali manusia dihadapkan dengan masalah. Suatu masalah tidak hanya bisa diselesaikan dengan satu strategi, tetapi lebih dari satu strategi tergantung pada kemampuan dan pengalaman seseorang. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa berlatih memecahkan masalah adalah model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas guru, siswa dan ketuntasan belajar siswa selama proses pembelajaran berbasis masalah berlangsung pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diambil dari penelitian ini hasil observasi guru dan siswa serta hasil tes akhir. Sedangkan sumber data adalah siswa kelas IV SDN Landungsari 01 Dau Malang yang berjumlah 47 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 24 April sampai 01 Mei 2007. Dari hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas guru pada pertemuan III terdapat perbedaan dari pertemuan sebelumnya yaitu 33,3 %. Aktivitas siswa yang diperoleh sesuai dengan kegiatan belajar-mengajar 85,7%, sedangkan yang tidak sesuai dengan kegiatan belajar-mengajar yaitu 14,2%. Hasil tes menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 85,10% dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 40 siswa, sedangkan 7 diantaranya tidak tuntas secara individu. Maka dapat dikatakan dan disimpulkan bahwa kelas tersebut tuntas secara klasikal dalam penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:14
Last Modified: 28 Jun 2012 04:14
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item