“Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pengajaran BIologi Siswa Kleas IX-D di SLTPN II Dawan Kabupaten Klungkung Bali”

RATNA KUSUMA DEWI, ALUH (2007) “Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pengajaran BIologi Siswa Kleas IX-D di SLTPN II Dawan Kabupaten Klungkung Bali”. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Penerapan_Pembelajaran_Berdasarkan_Masalah.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berdasarkan masalah (Prablem Based Learning) yang biasa disingkat PBL merupakan bagian dari pembelajaran kontruvistik. Pembelajaran kontruktivis merupakan pergeseran dari paradigma pembelajaran behavioristik. Dimana dalam pembelajaran behavioristik hanya bertujuan agar siswa mengingat informasi atau pengetahuan yang factual (Nurhadi, dkk, 2004 : 33). Sedangkan pada pembelajaran kontruktivis guru hanya merangsang minat dan percaya diri siswa, serta menunjukan perlunya pemahaman (Crowfort,2000 dalam http:www.Meditech.co.id). SLTPN II Dawan yang berada di jalan Buayang desa Gunaksa kecamatan Dawan kabupaten Klungkung (Bali). Setelah melakukan observasi bulan juli 2006 secara langsung dan wawancara pewneliti dengan guru biologi kelas 1 (tahun ajaran Penerapan PBL memang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D dengan pelaksanaan tindakan dengan tiga siklus.Oleh karena itu model pembelajaran ini dapat digunakan oleh sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 28 Jun 2012 03:24
Last Modified: 28 Jun 2012 03:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10004

Actions (login required)

View Item View Item